A Fun Business Community! Experience your Entrepreneurship, Leadership and Networking Journey with us!

Penting! Memilih Perusahaan Harus yang Tepat seperti Memilih Pasangan Hidup

Kalau mau hidup bahagia, tentu saja saat Anda memilih pasangan hidup harus yang tepat. Begitu juga dalam berbisnis, kalau mau puas lahir batin, perusahaan yang dipilih harus tepat.

Di artikel sebelumnya, kita telah membahas berbagai model bisnis dan faktor-faktor pertimbangan dalam memilih bisnis mana yang cocok. Kita telah sampai pada pilihan bisnis jaringan karena modal yang relatif kecil untuk memulai, resiko yang juga kecil, dan potensi keuntungan yang besar dan residual (dapat terus meningkat dari bulan ke bulan, tahun ke tahun, bahkan saat tidak sedang dikerjakan dengan aktif).

Lalu bagaimana cara memilih perusahaan jaringan yang tepat? Saat ini ada begitu banyak perusahaan jaringan yang beroperasi di Indonesia, baik yang berpusat di negara-negara lain maupun di Indonesia.

Jika Anda ingin menjalankan bisnis jaringan dengan serius, ada empat faktor utama yang Anda perlu cek di awal:

  1. Legalitas Perusahaan
  2. Produk
  3. Marketing Plan
  4. Support System

Legalitas Perusahaan

legalitas

Di Indonesia, sebuah perusahaan jaringan dianggap legal jika sudah memiliki SIUPL (Surat Izin Usaha Penjualan Langsung). Maka sebelum memutuskan bergabung dengan sebuah perusahaan  jaringan, Anda perlu memastikan apakah perusahaan tersebut telah memiliki SIUPL, dan apakah SIUPL tersebut asli.

Sampai dengan tahun 2016, ada 68 perusahaan penjualan langsung di Indonesia yang telah memiliki SIUPL (Sumber: BKPM)

Jika perusahaan jaringan yang Anda sedang pertimbangkan ternyata belum memiliki SIUPL, maka perusahaan tersebut beroperasi secara ilegal di Indonesia. Ini ibarat Anda menabung di bank yang tidak dijamin oleh LPS (Lembaga Penjamin Simpanan). Resiko ditanggung Anda sendiri.

Produk

Perusahaan jaringan harus memiliki produk dengan nilai pasar yang masuk akal. Jika perusahaan jaringan tersebut tidak memiliki produk, atau produknya dijual dengan nilai yang jauh di atas harga normal, maka ada kemungkinan perusahaan tersebut adalah money game berkedok MLM.

Pastikan juga bahwa produk-produknya dapat dipertanggungjawabkan kualitasnya, dan telah memenuhi peraturan yang berlaku sehingga Anda maupun pelanggan Anda dapat mengkonsumsi dengan aman. Misalnya untuk produk makanan dan kosmetik, harus sudah terdaftar di BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan).

Akan lebih baik lagi jika produk-produk yang dipasarkan juga menarik, unik, mudah dipasarkan, dapat dikonsumsi sehingga ada pembelian ulang, dan memiliki nilai jual yang tidak dimiliki oleh produk lain.

Marketing Plan

Marketing plan yang sederhana dan mudah dimengerti akan mempermudah Anda saat menjelaskan ke calon mitra bisnis Anda. Apakah skema pembagian keuntungannya memungkinkan Anda mendapatkan penghasilan yang menarik dengan mereferensi dua orang, atau harus mereferensi ratusan orang? Apakah Anda harus belanja pribadi setiap bulan? Apakah ada biaya perpanjang keanggotaan setiap tahun yang harus dibayar? Apakah pembagian keuntungan dibayarkan langsung, atau sekali sebulan? Tanyakan pula rata-rata penghasilan orang-orang yang telah menjalankan bisnis di perusahaan tersebut. Kira-kira butuh berapa lama untuk mencapai jumlah penghasilan yang Anda inginkan? Apakah ada perbedaan skema pembagian keuntungan bagi orang yang telah di posisi atas dengan yang baru bergabung? Semua hal ini dapat menjadi pertimbangan Anda.

Support System

Jika Anda belum pernah menjalankan bisnis jaringan sebelumnya, akan sangat membantu jika perusahaan yang Anda pilih telah memiliki support system yang berjalan, sehingga Anda memiliki panduan untuk menjalankan bisnis ini dengan benar dan berhasil. Mitra bisnis Anda pun dapat dengan mudah menjalankan bisnis ini tanpa harus bergantung sepenuhnya pada Anda. Support system yang baik di antaranya adalah pertemuan-pertemuaan untuk pelatihan yang dilakukan rutin, juga CD/audio untuk mereka yang tinggal di kota-kota yang tidak ada pertemuan rutin.

Video berikut ini adalah salah satu contoh pilihan yang baik berdasarkan empat faktor pertimbangan di atas.

Tagged as: , , ,

Leave a Reply

24 Hour Access

WA : 08 1212 99 6070 | LINE : onesynergy | Email : onesynergystudio@gmail.com
error: Alert: Content is protected !!
%d bloggers like this: