A Fun Business Community! Experience your Entrepreneurship, Leadership and Networking Journey with us!

DECUBITUS – Jika Anda Tahu, Anda dapat Menyelamatkan Orang yang Anda Sayangi

Orang yang terkena stroke dan sulit bergerak, diam dalam jangka waktu lama di posisi yang sama bisa mengalami decubitus.

decubitus stage

Decubitus adalah kerusakan kulit yang terjadi akibat kekurangan aliran darah dan iritasi pada kulit yang menutupi tulang yang menonjol, di mana kulit tersebut mendapatkan tekanan dari tempat tidur, kursi roda, gips, atau benda keras lainnya dalam jangka panjang.

Biasanya, bagian tubuh yang mengalami decubitus adalah bagian dimana terdapat penonjolan tulang, yaitu sikut, tumit, pinggul, pergelangan kaki, bahu, punggung dan kepala bagian belakang.

Mengapa bisa terjadi decubitus?

Kulit kaya akan pembuluh darah yang mengangkut oksigen ke seluruh lapisannya. Jika aliran darah terputus lebih dari 2-3 jam, maka kulit akan mati, yang dimulai pada lapisan kulit paling atas (epidermis). Penyebab dari berkurangnya aliran darah ke kulit adalah tekanan. Jika tekanan menyebabkan terputusnya aliran darah, maka kulit yang mengalami kekurangan oksigen pada mulanya akan tampak merah dan meradang lalu membentuk luka terbuka (ulkus). Gerakan yang normal akan mengurangi tekanan sehingga darah akan terus mengalir. Kulit juga memiliki lapisan lemak yang berfungsi sebagai bantalan pelindung terhadap tekanan dari luar. 

Orang yang beresiko tinggi mengalami decubitus adalah:

  1. Orang yang tidak dapat bergerak (misalnya lumpuh, sangat lemah, dipasung)
  2. Orang yang tidak mampu merasakan nyeri, karena nyeri merupakan suatu tanda yang secara normal mendorong seseorang untuk bergerak. Orang yang mengalami kerusakan syaraf (misalnya akibat cedera, stroke, diabetes) dan koma bisa menyebabkan berkurangnya kemampuan untuk merasakan nyeri.
  3. Orang yang mengalami kekurangan gizi (malnutrisi) tidak memiliki lapisan lemak sebagai pelindung dan kulitnya tidak mengalami pemulihan sempurna karena kekurangan zat-zat gizi yang penting.
  4. Gesekan dan kerusakan lainnya pada lapisan kulit paling luar bisa menyebabkan terbentuknya decubitus. Pakaian yang terlalu besar atau terlalu kecil, kerutan pada seprei atau sepatu yang bergesekan dengan kulit bisa menyebabkan cedera pada kulit.
  5. Paparan kelembaban dalam jangka panjang (karena berkeringat, air kemih atau tinja) pun bisa merusak permukaan kulit dan memungkinkan terbentuknya decubitus. 

Tingkat keparahan decubitus dikelompokkan ke dalam beberapa stadium

  • Stadium 1 : kulit kemerahan
  • Stadium 2 : kulit merah dan membengkak, seringkali disertai oleh pembentukan lepuhan, lapisan kulit paling atas mulai mati
  • Stadium 3 : luka terbuka mulai timbul di kulit, menyusup ke lapisan kulit yang lebih dalam
  • Stadium 4 : luka terbuka menembus kulit dan lemak, sampai ke otot
  • Stadium 5 : terjadi kerusakan otot
  • Stadium 6 : terjadi kerusakan tulang dan kadang terjadi infeksi tulang.

Jika kulit terluka atau robek maka akan timbul masalah baru, yaitu infeksi. Infeksi memperlambat penyembuhan luka terbuka yang dangkal dan bisa berakibat fatal.

Untuk mencegah terbentuknya luka terbuka, sebenarnya ada yang bisa Anda lakukan, seperti:

  • Mengubah posisi pasien yang tidak dapat bergerak sendiri, minimal setiap 2 jam sekali untuk mengurangi tekanan
  • Melindungi bagian tubuh yang tulangnya menonjol dengan bahan-bahan yang lembut (misalnya bantal, bantalan busa)
  • Mengkonsumsi makanan sehat dengan zat gizi yang seimbang
  • Menjaga kebersihan kulit dan mengusahakan agar kulit tetap kering.

Jika sudah terlanjur terjadi, dan sudah terlanjur infeksi, segeralah bawa pasien tersebut ke dokter. Dokter dapat memberikan pengobatan dengan antibiotik, bahkan dapat pula dilakukann pencangkokan kulit.

applesc box

Jika belum terlalu parah, beberapa pasien terbantu dengan AppleSC dari Biogreen Science. Secara internal, Anda dapat memberikan AppleSC sebagai superfood yang saat dimakan akan memungkinkan pasien mengalami pemulihan/regenerasi sel yang cepat. Secara eksternal, beberapa pasien yang sudah memiliki ulkus/luka terbuka dan ditaburi dengan AppleSC sangat terbantu karena luka mengering dan mengecil, lalu jaringan menutup kembali dalam hitungan hari.*

Berikut ini beberapa contoh pengalaman pasien decubitus yang terbantu:



Mengapa Applesc bisa membantu memulihkan kondisi kulit dengan begitu efektif?

Beberapa uji klinis membuktikan bahwa Phytocelltec Malus Domestica, salah satu bahan aktif utama AppleSC efektif dalam meregenerasi sel kulit:

pmd increase cell number

Phytocelltec Malus Domestica (ekstrak stem sel apel) efektif meningkatkan jumlah sel

MD anti wrinkle infra red

Phytocelltec Malus Domestica efektif meremajakan kembali sel kulit

Jika Anda memiliki kerabat ataupun teman yang mengalami stroke ataupun kelumpuhan, informasi ini dapat membantu mereka mengatasi derita akibat decubitus, yang jika dibiarkan dapat menyebabkan infeksi, bahkan kerusakan otot hingga tulang.

Mari berbagi, karena berbagi itu indah. 

Untuk informasi lebih lanjut ataupun konsultasi, silakan hubungi kami di +62 812 1299 6070 atau tinggalkan pertanyaan Anda di menu Hubungi Kami

*Disclaimer: Hasil dapat berbeda-beda tergantung kondisi masing-masing pasien.

 

Tagged as: , , , , , , , ,

Leave a Reply

24 Hour Access

WA : 08 1212 99 6070 | LINE : onesynergy | Email : onesynergystudio@gmail.com
error: Alert: Content is protected !!
%d bloggers like this: