A Fun Business Community! Experience your Entrepreneurship, Leadership and Networking Journey with us!

UTANG, Apakah Harus Dihindari ?

debt chain

Sebagian besar orang mempunyai pandangan bahwa utang adalah hal yang tidak baik dan negatif. Kita diajarkan untuk menghindari berutang, bahwa apa yang dilakukan utang itu jahat. Namun, tidak semua utang itu jahat koq. Ada juga istilah utang yang baik (good debt). Pemahaman akan apa itu utang yang baik dan bagaimana cara memanfaatkannya adalah salah satu kunci terpenting dalam meraih kebebasan finansial.

Jika kita meminjam uang dan uang tersebut kita habiskan untuk hal-hal konsumtif seperti pergi liburan, makan di restoran mahal, membeli baju atau sepatu baru lalu ditagihkan ke dalam kartu kredit, maka inilah yang disebut utang yang jahat (bad debt). Utang yang jahat adalah utang yang harus kita lunasi dengan cara membayar dari kantong kita sendiri.

Pengertian utang yg baik adalah utang yang dilunasi dengan cara dibayarin oleh pihak atau orang lain. Loh koq bisa ya? Contohnya adalah seorang pebisnis yang baik akan meminjam uang untuk mengembangkan bisnisnya. Pinjaman tersebut akan menjadi utang yang baik jika kemudian dilunasi lewat cash flow positif dari bisnis tersebut. Ketika Anda membeli sebuah properti misalkan rumah atau tanah, Anda kemungkinan besar akan menggunakan pinjaman seperti KTA atau KPR untuk memperoleh properti tersebut. Jika kemudian properti tersebut dikelola dengan baik, maka pendapatan dari sewa properti itu lah yang akan membayar cicilan bulanan pinjaman kita. Inilah yang disebut good debt.

Jadi utang tidak selamanya merupakan hal yang buruk, tergantung bagaimana cara memanfaatkan utang tersebut. Salah satu cara memanfaatkan utang dengan cara yang positif adalah menjadikannya sebagai modal bisnis. Kabar baiknya adalah sekarang ada bisnis dengan modal kecil yang hasilnya bisa melunasi bahkan jauh melebihi utang yang Anda pinjam pada awalnya. Selain itu ada pula bisnis di bidang entertainment bernama KOTA Cinema Mall, di mana Anda bisa menikmati profit sharing sampai 15 tahun ke depan. Semua ini bisa Anda mulai dengan modal yang diperoleh melalui utang.

Jadi mau yang mana? Berutang hanya untuk hal-hal yang konsumtif dan tidak menghasilkan apa-apa dalam jangka panjang atau berutang untuk dijadikan modal usaha dengan potensi return di masa depan? Pilihan ada di tangan Anda.

Tagged as: , , , ,

Leave a Reply

24 Hour Access

WA : 08 1212 99 6070 | LINE : onesynergy | Email : onesynergystudio@gmail.com
error: Alert: Content is protected !!
%d bloggers like this: