A Fun Business Community! Experience your Entrepreneurship, Leadership and Networking Journey with us!

GERD – Jangan Abaikan Gejalanya

Penyakit Asam Lambung-Alodokter

GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) adalah penyakit  kronik saluran pencernaan akibat asam lambung yang naik ke kerongkongan/esofagus. Hal ini akan membuat penderitanya merasa mual bahkan muntah dan juga dada terasa panas seperti terbakar (heartburn). Beberapa juga merasakan sensasi asam pada mulutnya. Jika terlambat ditangani, GERD dapat memicu kanker kerongkongan atau kanker lambung.

GERD terjadi ketika ada gangguan pada LES (Lower Esophageal Sphincter), atau katup bagian bawah esofagus. LES berfungsi sebagai pintu otomatis yang akan terbuka ketika makanan atau minuman turun ke lambung. Setelah makanan masuk, LES akan menutup untuk mencegah asam dan makanan yang ada di lambung agar tidak naik kembali ke esofagus. Namun, jika LES menjadi lemah/longgar dan tidak menutup dengan baik, asam lambung bisa keluar dari perut, naik kembali ke kerongkongan, dan menyebabkan GERD. 

gerd

 

Pengobatan GERD

Pengobatan penyakit asam lambung memiliki tahapan. Cara awal yang paling mudah untuk dilakukan adalah dengan mengganti menu makanan, yaitu beralih ke makanan-makanan yang rendah lemak, tidak terlalu asin, maupun terlalu pedas. Tapi ketika perubahan menu makanan tidak berhasil, obat-obatan akan digunakan untuk meredakan gejala yang dirasakan. Bagi penderita yang mengalami penyakit asam lambung secara kambuhan, dokter kemungkinan akan meresepkan obat untuk jangka panjang.

Obat yang biasanya disarankan: 

  • Antasida
  • PPI ( Proton Pump Inhibitor) seperti lanzoprazol, omeprazol, dll.
  • Penghambat reseptor H2 seperti ranitidin, dll.
  • Obat prokinetik untuk mempercepat pengosongan lambung seperti domperidon

Jika langkah-langkah pengobatan di atas masih belum berhasil mengatasi GERD, prosedur operasi kemungkinan akan dipertimbangkan dan disarankan oleh dokter.

Beberapa tips untuk mengurangi gejala GERD yang bisa Anda lakukan adalah :

  1. Menurunkan berat badan ke berat ideal
  2. Menghindari makanan seperti kopi, coklat, alkohol, tomat,dan makanan berlemak
  3. Hindari berbaring / makan sesaat setelah makan
  4. Posisikan kepala dan punggung atas sedikit lebih tinggi saat tidur
  5. Berhenti merokok
  6. Makan dengan porsi kecil tapi sering
  7. Hindari memakai pakaian yang terlalu ketat
  8. Menghentikan obat yang bisa memicu kenaikan asam lambung
  9. Hindari stress
  10. Istirahat cukup
  11. Olahraga teratur

Alternatif lain yang dapat Anda coba adalah mengkonsumsi AppleSC®, yang membantu memperbaiki sel-sel dalam tubuh, termasuk luka di lambung. Berikut beberapa testimoni dari para penderita GERD yang telah terbantu dengan mengkonsumsi AppleSC®

Gerd Testi 3

gerd testi

Selain itu, untuk menurunkan hormon stress akibat kecemasan berlebih, Anda dapat mengkonsumsi Bio SC Mild® setelah makan. Bio SC Mild® secara klinis terbukti efektif menurunkan kortisol. 

PSS Scale 1DASS Scale 2GHQ Scale 3

Untuk keterangan lebih lanjut, sample gratis, dan tanya-jawab, silakan tinggalkan pesan di 0812 1299 6070 atau klik menu Contact Us. Kami akan dengan senang hati membantu Anda.

Tagged as: , , , , , , , , ,

Leave a Reply

24 Hour Access

WA : 08 1212 99 6070 | LINE : onesynergy | Email : onesynergystudio@gmail.com
error: Alert: Content is protected !!
%d bloggers like this: